Pelatihan Dasar Organisasi Mahasiswa (PDOM) Berjiwa Pemimpin

Pelatihan Dasar Organisasi Mahasiswa (PDOM) Berjiwa Pemimpin

Category : berita

Surabaya, 22 November 2018, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah mengadakan acara tahunan yaitu Pelatihan Dasar Organisasi Mahasiswa (PDOM). Tujuan acara PDOM yaitu mendiklat mahasiswa baru tahun ajaran 2017 agar terbentuk jiwa Pemimpin yang terintegrasi dengan Pancasila. Acara PDOM diselenggarakan pada Jum’at, 15 Desember 2017 sampai 17 Desember 2017 acara ini dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa  Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 3, 5 dan 7 bahkan ada alumni beserta dosen yang hadir. Acara PDOM tahun ini diselenggarakan di villa cemara (Padusan, Mojokerto, Jawa Timur).

Pengkondisian acara PDOM 2017 di Aula kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya, kegiatan ini dilaksana pada pukul 07.00-08.00, yang dilakukan dalam pengkondisian ini yaitu a. mengchek kehadiran peserta b. Mengelist peralatan apa saja yang dibawa. Pelepasan PDOM 2017 yang di laksanakan di kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya bertempatan di Gedung At Tauhid lantai 904. Pembukaan PDOM ini disahkan dengan berbagai sambutan pihak, yaitu sambutan dari ketua pelaksana PDOM, sambutan dari Kahima Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sambutan oleh kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta sambutan oleh Wakil dekan 1 Drs. Yarno, M. Pd sekaligus melepaskan peserta PDOM 2017.

Persiapan Acara Hima Prodi PBSI

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan PDOM yakni dihadiri oleh 65 mahasiswa yaitu 23 peserta PDOM (Mahasiswa Baru), 42 panitia dari semester 3 dan 5 serta ada 4 alumnus PBSI tahun 2016 dan 1 alumnus tahun 2017. Dosen dosen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia juga aktif dalam menyambut dan memberi materi kepada peserta PDOM ada 8 dosen yang menghadiri yaitu pak suher, pak insani, bu fatin, bu pheni, pak panji, pak ali, pak ngatmain, pak yarno dan aris. Antusias tesebut tak datang dari keluarga pendidikan bahasa dan sastra Indonesia juga namun prodi pendidikan biologi dan pendidikan matematika juga turut hadir dalam kegiatan PDOM. Ketua hima prodi biologi saudari Munawaroh beserta 3 temannya hadir mengunjungi di acara PDOM serta Katua hima Pendidikan Matematika M. Amiru Latif beserta temannya datang mengunjungi acara tersebut.

Adapun kejadian unik yang tidak mampu kita lupakan dalam acara PDOM 2017 yaitu kekompakan panitia dan peserta PDOM saat menjelajahi pos-pos dalam kegitan berlangsung. Saat penitia member sedikit tantangan fisik dan mental terhadap peserta PDOM untuk membasahi diri dalam aliran air di bawah jalan raya padusan peserta didik justru tertantang dan bahagia saat bisa mandi/membasahi diri jeburan di dalam aliran air tersebut. Kebahagian tersebut terlihat saat peserta berkata kepada panitia ‘kak seger airnya’ serta tawa girang semua peserta saat berada didalam air.

Setelah berakhirnya acara penutupan acara pun dilakukan dengan pembagian hadia kepada kelompok terbaik yaitu di menangkan oleh kelompok pertama dengan julukan nama kelompok Gus Mus (sastrawa Mustofa Bisri) ketuanya yaitu Nurul Hidayat dan ada 4 anggota. (Insani)

 


Leave a Reply