Pentingnya Keterampilan Berfikir Kritis Dalam Kuliah Tamu Visiting Professor

Pentingnya Keterampilan Berfikir Kritis Dalam Kuliah Tamu Visiting Professor

Category : berita

Surabaya, 20/12/2017. Program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSurabaya menyelenggaragakan kuliah tamu “Visiting Professor” dengan tema penilaian “High Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Biologi Kurikulum 2013 Revisi di Sekolah Sebagai Pengutan Kompetensi Calon Guru” di Gedung G lt. 6 Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Acara kuliah tamu dilaksanakan pada pukul 13.30 dengan pesrta seluruh mahasiswa biologi mulai dari angkatan 2014, 2015, 2016 dan angkatan 2017. Visiting professor yang dimaksud dalam kuliah tamu ini yaitu mendatangkan guru besar dari pascasarjana Unesa. Kemudian acara ini di awali sambutan Kaprodi yang diwakili oleh Asy’ari, S.Pd.,M.Pd dengan menyampaikan selamat datang atas kehadiran Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd selaku pemateri kuliah tamu.

Lebih lanjut Asy’ari menyampaikan bahwa acara kuliah tamu ini sangat penting untuk diselenggaran karena juga berkaitan dengan pembahasan penilaian HOTS yang juga ada kaitannya dengan kurikulum 2013 yang direvisi berkaitan dengan segi penilaiannya. Tentnya menurutnya Prof. Musilimin akan memaparkan lebih luar berkaitan dengan HOTS ini sehingga nantinya menjadi salah satu refrensi baigi mahasiswa yang memang orientasinya kedepan calon guru biologi, tuturnya.

Kemudian acara selanjutnya diberikan langsung kepada moderator Ibu Dr. Lina Listiana, M.Kes sebagai pemandu diskusi kuliah tamu oleh Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd. Dengan desain duduk melingkar menyerupai huruf U terlihat mahasiswa antosias mengikuti kuliah tamu sampai selesaikan. Prof. Muslimin secara berwibawa menyampaikan materinya dengan baik mulai dari pentingnya menggunakan keterampilan berfikir kritis atau dengan bahasa prof muslimin HOTS di dalam proses pembelajaran. Menurutnya keterampilan berfikir kiritis atau berfikir tingkat tinggi dapat dilakukan dengan menggunakan tes, tegasnya.

Suasana diskusi yang diisi oleh Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd

Salah satu cara yang baik untuk memaksimalkan tumbuhnya keterampilan berfikir kritis tidak hanya menggunakn “apa” dan “bagaimana” namun lebih dari itu yang dapt ditulis dengan mengandung dua variabel tau lebih. Sehingga dalam konteks ini menurutnya lebih menitik beratkan pada taksonomi Bloom dengan tingkatan mulai dari C1 pengetahuan, C2 pemahaman, C3 pencapaian, C4 analisis, C5 sintesis dan C6 evaluasi. Dan bagi guru menyiapkan pertanyaan yang lebih berfokus pada C5 dan C6 yang menunjukkan siswa menggunakan keterampilan berfikir tingkat tinggi, jelasnya.

Dengan kurang lebih dua jam Prof Muslimin menyampaikan materi terlihat tidak satupun mahasiswa yang jenuh namun terlihat antosias, karena materinya yang cukup menarik dengan berbagai ilustrasi percobat cara menjawab teka teki kemudian mereka bersemangat untuk menjawab teka-teki yang diberikan oleh Prof. Muslimin. Kemudian setelah penyampaian materi para mahasiswa antosias bertanya dengan berbagai varian pertanyaan kepada Prof. Muslimin untuk mendatkan jawaban logis dari beliau selaku pemateri kuliah tamu ini.

Prof. Dr. Muslimin Ibrahim dengan gambalang menjawab berbagai pertanyaan dari para mahasiswa biologi sehingga mereka dengan senang hati menerimanya dari jawaban pemateri. Disatu sisi bahwa menurut pemateri mengajar biologi tidak hanya bersifat teoritis namun juga terintegrasi dengan disiplin ilmu yang lain seperti agama. Terutama karakter siswa yang menjadi ukuran keberhasilan yang menjadi bekal sebagai penerus bangsa kedepannya, ujarnya. (Ari)


Leave a Reply