Surabaya, 30/12/2017. GYM (Gerakan Yuk Meneliti) menjadi salah satu ide segar menjadi laboratorium ilmiah mahasiswa FKIP dengan disiplin jurusan masing-masing. Acara Sapere Aude yang digagas oleh tim GYM berorientasi pada meningkatkan kualitas dibidang kreativitas dan inovasi mahasiswa yang nantinya luarannya dapat membarikan manfaat kepada kebutuhan masyarakat dan sekolah. Acara diselanggara selama dua hari pada tanggal 28 – 29 Desember 2017 di lantai 3 gedung At-Tauhid Tower.

Acara Sapere Aude ini diawali dengan kegiatan seremonial yang dihadiri oleh pimpinan dekanat FKIP UMSurabaya yakni Endah Hendarwati, SE.,M.Pd, Drs. Yarno, M.Pd dan Ratno Abidin, M.Pd.  Dalam kegiatan seremunial ini di awali oleh sambutan ketua GYM FKIP A. Hidayatullah, M.Pd melaporkan berkaitan jumalah mahasiswa FKIP yang ikut berkompetisi kurang lebih 72 produk inovasi mahasiswa yang terdiri dari prodi PBSI, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, PG-PAUD dan PG-SD.

Lebih lanjut ia menambahkan pentingnya sapere aude ini salah satu upaya untuk memfasilitasi mahasiswa mengesplorasi pemikiran untuk memunculkan ide segarnya dan mewujudkan pada bentuk produk inovasi yang terdiri dari sub tema inovasi pembelajaran, daur ulang, produk tepat guna dan media prod difable.

Maka dari 72 produk inovasi tersebut akan dipilih yang terbaik 10 produk inovasi. Adapun juri yang dihadirkan yakni Drs.Yarno,M.Pd (Wakil Dekan 1 FKIP) dan Junaidi Fery Efendi (Kepala BAKA UMSurabaya dan Founding PIM UMSurabaya) yang nanti akan menilai dari presentasi produk inovasi mahasiswa sesuai urutan dengan maksimal waktu 10 menit presentasi.

Endah Hendarwati, SE.M.Pd menyampaikan dalm sambutannya GYM ini merupakan salah satu program fakultas sebagai upaya mendorong mahasiswa untuk berkreasi sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Karena FKIP ini terdiri dari 6 prodi bagi yang sudah menciptakan inovasi harus berjuang untuk menjadi yang terbaik, sehingga dari sekian banyak produk ini menjadi icon kegiatan mahasiswa fkip untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif, tuturnya.

Ia juga memberi apresiasi pada kegiatan sapere aude ini yang orientasinya memicu mahasiswa terampil membuat karyanya yang pastinya menjadi salah satu bentuk dorongan kepada mahasiswa memiliki prestasi dibidang inovasi. Dari dekanata akan selalu support pada varian acara GYM kedepannya agar lebih solid lagi timnya agar memicu FKIP lebih baik lagi kedepanya, ujarnya.

(Suasana Presentasi Produk Inovasi Mahasiswa FKIP)

Selesai acara sambutan dilanjutkan dengan presentasi sebanyak 72 produk inovasi mahasiswa yang dibagi menjadi dua hari dalam proses presentasi produk. pada hari pertama kamis 28 Desember 2018 sebanyak 36 produk mahasiswa yang dipresentasi dengan alokasi waktu yang ditentukan kemudian selesai presentasi dikritisi atau diberi masukan dan juri menilai dari keunikan produk presentor masing-masing. Kemudian  pada hari kedua terdiri dari 38 produk yang dimulai dari pukul 08:00 wib secara bergantian dengan mikanisme presentasi sama dengan hari pertama. (Ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *