Surabaya 02/01/2017. Suasana Konsul Jenderal Republik Indonesia di Songkhla sangat meriah. Sekitar 80 mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia berkumpul di sana. Mereka berasal dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, STKIP Sumenep, Ibnu Khaldun, dll. Saat ini mereka menjalani program magang di Thailand selatan tersebut.

Keberadaan para mahasiswa di Konjen itu untuk memenuhi undangan Konjen Songkhla Triyogo Jatmiko. “Para mahasiswa bisa silaturahmi sekaligus menikmati tahun baru di sini,” ujar Triyogo. Acara itu juga digunakan untuk penyampaian berbagai informasi dari Konjen.

Para mahasiswa tinggal di KJRI Songkhla selama 3 hari. Yakni, mulai 30 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.UMSurabaya sendiri kali ini mengirimkan 17 mahasiswa. Mereka berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris serta Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP. Selain itu, mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam. Para mahasiswa semester VII tersebut magang di sekolah dan pondok pesantren di Provinsi Yala, Pattani, dan Yaha. Bahkan, ada yang diminta mengajari para pegawai diknas pendidikan di Yala. “Saya diminta oleh Pak Bupati Yala,” ujar Reyna tentang tempat magangnya itu.

Mahasiswa UMSurabaya foto bersama di depan papan nama Konsulat RI di Songkhla

Triyogo menjelaskan bahwa mahasiswa magang memiliki peran strategis. “Anda bisa mengembangkan ilmu, memberikan inspirasi, sekaligus model bagi masyarakat dan anak-anak Thailand,” ujarnya. Dari situ diharapkan kian banyak warga Thailand yang bersekolah ke Indonesia.

Triyogo tidak lupa memberikan nasihat. “Jangan sampai Anda datang bersepuluh, pulang tinggal sembilan. Kalau pulang jadi 12 orang malah boleh,” tambahnya.  Maksudnya, para mahasiswa harus bisa menjaga diri selama melaksanakan program PPL dan KKN tersebut.

lebih lanjut ia menyampaikan kepada para mahasiswa diharapkan juga segera memberi tahu apabila menghadapi masalah. Dengan demikian, dia dapat membantu mencarikan solusinya. “WA saya terbuka 24 jam,” ujar Triyogo. (Yar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *