Surabaya, 09/01/2018. FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya berhasil menambah kerja sama dengan institusi lain. Bahkan, kali ini dilakukan dua kerja sama sekaligus. Yaitu, dengan FKIP Universitas Ahmad Dahlan dan FKIP Unismuh Makassar. Penandatanganan Memorandung of Agreement (MOA) tersebut dilakukan di sela-sela Workshop Pengelolaan PPG Bersubsidi dan Mandiri serta pengembangan LPTK PTM, di Hotel Swiss Belinn, Jakarta, Rabu dan Kamis (3-4/1/2018).

Naskah MOA pertama ditandatangani Dekan FKIP UMSurabaya Endah Hendarwati, S.E., M.Pd. dan Dekan FKIP UAD Dr. Trikinasih Handayani, M.Si. pada hari Kamis (4/1/2018). Sedangkan naskah kerja sama kedua ditandatangani bersama dengan Dekan FKIP Unismuh Makassar Erwin Akib, M.Pd., Ph.D. sehari sebelumnya.

(Dekan FKIP UM Surabaya, Dekan FKIP Unismuh )

Endah mengungkapkan, kerja sama itu untuk meningkatkan kualitas lulusan agar sesuai dengan kualifikasi dunia kerja. ”Karena itu, FKIP UMSurabaya terus meningkatkan kualitas lulusan. Salah satunya mengembangkan kerja sama dengan institusi mitra, baik di dalam maupun di luar negeri,” katanya.

Dia mengharapkan kerja sama dengan institusi mitra tersebut dapat saling memengaruhi di berbagai bidang, mulai peningkatan kualitas akademik, joint  riset, dan sumber daya lainnya. Apalagi, kompetisi antarinstitusi pendidikan tinggi dan tuntutan dunia kerja dalam memilih SDM semakin ketat. Bila tidak mampu bekerja sama dengan institusi lain, suatu perguruan tinggi akan tertinggal.

Endah menambahkan, banyak akan bisa dilakukan dari kerja sama tersebut. ”Sasaran MOA ini, antara lain, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen dalam kuliah umum, riset dan publikasi bersama, workshop dan seminar, baik nasional maupun internasional,” ujarnya. Sasaran lain adalah kunjungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Program Studi, peningkatan SDM, dan kegiatan insindental lain.

Penandatanganan nota kesepahaman itu juga disambut baik oleh Unismuh dan UAD. Mereka berjanji segera ada tindak lanjut berdasarkan poin-poin yang telah disepakati. ”Insya Allah akan diwujudkan dalam wujud implementasi program, sesuai dengan butir butir dalam naskah MoU,” ungkap Erwin.

Penandatanganan MoA itu disaksikan oleh Ketua ALPTK PTM Indonesia Prof. Harun Joko. Dekan FKIP UMS Surakarta itu juga menyambut gembira adanya berbagai kerja sama di antara perguruan tinggi, sehingga kedepannya memilki sinergi antar perguruan tinggi dalam rangka meningkat kualitas lulusan terbaik. (Yar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *