Pelatihan Pembuatan Herbarium Bersama Guru MGMP Biologi Kab. Sidoarjo di Lab Biologi

Pelatihan Pembuatan Herbarium Bersama Guru MGMP Biologi Kab. Sidoarjo di Lab Biologi

Category : berita

Surabaya, 02/02/2018 Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya mengadakan pelatihan pembuatan media herbarium kering yang diikuti oleh Musyarawah Guru Mata Pelajaran yang disingkat MGMP Biologi Kabupaten Sidoarjo sebanyak kurang lebih 47 Guru yang dilaksanakan di Gedung At-Tauhid lantai 1 laboratorium biologi UMSurabaya, Rabu 31 Januari 2018.

Sebelum kegiatan pelatiahan herbarium dilaksanaka oleh 2 pembimbing, maka dilakukan acara seremunial terlebih dahulu di Lab Biologi UMSurabaya. Ir. Ruspeni Daesusi, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh para guru MGMP biologi sangat senang atas kunjungannya dan menjadi kebanggaan terhadap jurusan biologi karena dapat silaturrahim dengan guru-guru MGMP Kab. Sidoarjo dan semoga kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan, tuturnya.

Kaprodi Pendidilan Biologi yang akrab dipanggil Bu Susi ini menambahkan pentingnya memahami pembuatan herbarium untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang diorientasikan pada pada pembelajaran yang menyenangkan terhadap siswa. Menurutnya ibu guru sebagai tenaga profesional yang terjun langsung kesekolah sebagai pengajar, tentunya herbarum bisa dijadikan sebagai media dalam proses pembelajaran tumbuhan rendah, tegasnya.

Kemudian dilanjutkan oleh ketua MGMP Kabupaten Sidoarjo Dra. Lilik Sri Subekti, MM dalam sambutannya menyampaikan sangat berterima kasih banyak kepada UMSurabaya lebih khusus kepada prodi pendidikan biologi yang telah memberi kesempatan belajar kepada kami. Menurutnya para guru hari ini khususnya guru biologi dituntut untuk banyak refrensi berkaitan dengan media pembelajaran. Pelatihan ini menjadi salah satu kegiatan untuk memperdalam cara pembuatan herbarium kering maupun basah yang baik dan bebnar sehingga menjadi bekal kami nantinya, tuturnya.

Drs. Yarno, M.Pd selaku wakil dekan satu FKIP UMSurabaya memberi sambutan selakus membuka acara pelatihan pembuatan media pembelajaran herbarium kering bagi guru-guru MGMP biologi Kabupaten Sidoarjo. Dalam sambutannya wakil dekan satu itu menyampaikan kepada para guru MGMP terkait dengan herbarium yang sering diproduksi bernilai ekonomis dengan bentuk yang relatif menarik sehingga orang-orang banyak yang minat untuk dijadikan sebagai hiasan atau media pembelajaran, tegasnya.

Wakil dekan satu sekaligus dosen S1 dan S2 bahasa dan sastra indonesia itu menambhakan kegiatan pelatihan ini menjadi salah satu kebahagiaan bagi Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya terutama prodi pendidikan biologi membentuk kerjasama dengan para guru MGMP Biologi semoga ini menjadi salah satu kegiatan yang tidak berhenti disini namun dilakukan secara terus menerus, tuturnya.

Presentasi Tumbuhan Rendah oleh Ir. Ruspeni Daesusi, M. Kes

Sebelum para guru MGMP dibagi menjadi dua kelas di lab hayati dan lab analis, dilakukan presentasi tumbuhan rendah oleh kaprodi pendidikan biologi Ir. Ruspeni Daesusi, M.Kes dengan detail menyampaikan berkaitan dengan klasifikasi, jenis dan nama-nama ilmiah dari berbagai tanaman sehingga dalam suasana kelas terjadi interaksi tanya jawab dan sharing bersama para guru MGMP biologi Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur.

Kemudian selesai presentasi kaprodi pendidikan biologi langsung dibagi menjadi dua kelompok.  Pada kelompok satu di tempatkan di lab analis dan kelompok dua di tempatkan di lab hayati lantai 1 gedung At-Tauhid UMSurabaya. Kelompok satu dibimbing langsung oleh Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes dosen pendidikan biologi UMSurabaya yang dimoderatori oleh Kamaliyah R, dosen pendidikan biologi UMSurabaya dan kelompok dua dibimbing oleh Drs. Djoko Mulyono UMSurabaya dimoderatori oleh Dr. Lina Listiana, M.Kes dosen pendidikan biologi.

Proses Pendampingan Pembuatan Herbarium Kering Para Guru MGMP Biologi oleh Para Dosen Pendidikan Biologi

Setiap bimbingan di dalam dua kelas, sebelum pada proses pembuatan herbarium kering dijelaskan berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan yang baik dan benar untuk diproses menjadi herbarium dengan mikanisme pembutan herbarium. Kemudian dipersilahkan kepada para guru MGMP biologi menanyakan apa yang kurang jelas dari penjelasan pembimbing dan setelah itu dibagi menjadi 5 kelompok dari masing-masing dua kelas tersebut. Setalah itui dilakukan proses pembuatan herbarium dari tumbuhan rendah dengan alat dan bahan yang sudah disiapkan sebelumnya oleh panita, hingga mereka para guru dapat menyelesaikan membuat herbarium sambil diarahkan oleh pembimbing pada pukul 14.00 Wib. (Ari)


Leave a Reply