Rapat Kerja Dan Seminar Nasional Asosiasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rapat Kerja Dan Seminar Nasional Asosiasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Category : berita

Surabaya, 19/02/2018. Menindak lanjuti progresivitas perkembangan pendidikan khususnya pendidikan tinggi pada LPTK Muhammadiyah, Asosiasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar LPTK PT Muhammadiyah bekerjasama dengan prodi PGSD Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta merespon perkembangan tersebut dengan mengadakan rapat kerja dan seminar nasional ke -18 dengan Tema yang diangkat “ Pengembangan Program unggulan Terintegrasi Program Studi Perguruan Tinggi Muhammadiyah “ yang dilaksanakan selama 2 hari mulai sabtu sampai minggu 10 – 11 Februari 2018 di Hoten Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta.

Acara dihadiri oleh pimpinan jurusan pendidikan dasar, ketua jurusan program studi PGSD, dan pengurus asosiasi pendidikan guru sekolah dasar perguruan tinggi muhammadiyah. Acara dibuka dengan sambutan Prof Dr. Harun Joko P., SH  selaku ketua LPTK PTM yang berpesan rawatlah PGSD di setiap perguruan tinggi masing – masing. Maksud dari merawat PGSD adalah dengan mengikuti dan berperan aktif dalam perkembangan pendidikan Ke SD an diantara perkembangan tersebut adalah perubahan kegiatan magang menjadi PLP (pengenalan lapangan persekolahan) sebagai salah satu syarat mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) baik mandiri maupun reguler.

Proses Pelaksanaan Asosiasi PPG SD LPTK PTM

PPG menjadi sebuah kebutuhan setiap LPTK khususnya LPTK PT Muhammadiyah untuk bisa tetap menjadi daya tarik dan pilihan utama mahasiswa dalam menentukan kampus pilihan. terlebih lagi belum banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia yang menyelenggarakan program PPG prajabatan. Tercatat masih 45 LPTK yang tersebar di 25 propinsi yang telah menyelenggarakan PPG dan terdapat 9 propinsi yang belum ada perguruan tinggi penyelenggara PPG. Selain membahas isu penting pada dunia pendidikan tinggi rapat kerja hari ke- dua juga disi dengan reorganisasi kepengurusan Asosiasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar perguruan tinggi Muhamammadiyah serta membuat rencana kerja jangka pendek menengah dan panjang.

Pada kepengurusan asosiasi program studi PGSD,perwakilan UMSurabaya dipercaya menjadi salah satu pengurus bidang jurnal dan publikasi ilmiah menuju jurnal terakreditasi. Program kerja asosiasi pada resntra jangka pendek 2018 difokuskan pada pendampingan peningkatan akreditasi program studi PGSD LPTK PT Muhammadiyah, pendampingan pembukaan program PPG, serta penyelarasan kurikulum yang digunakan pada masing – masing instansi. Diharpakan dengan kegiatan ini program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) LPTK Muhammadiyah di Indonesia bisa menjadi tolok ukur perkembangan pendidikan ke SD an serta menyiapkan tenaga pendidik yang profesional. (Fitroh/Editor)

 

 

 

 


Leave a Reply