Tingkatkan budaya literasi dan Menulis karya Ilmiah

Tingkatkan budaya literasi dan Menulis karya Ilmiah

Category : berita

Surabaya, 22/03/2018, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya telah mengagendakan pelatihan Tips tulisan jurnal ilmiah Nasional dan Internasional bersama Erwin Akib, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D yang diselenggarakan di Gedung G lantai 6 Auditorium UMSurabaya Kamis 22 Maret 2018.

Pelatihan ini menjadi salah satu agenda untuk memberi spirit kepada seluruh mahasiswa FKIP UMSurabaya bahwa budaya literasi dan dituangkan kepada tulisan dengan membuat karya ilmiah itu sangat penting untuk diasah. Karena budaya menulis tumbuh dipicu dari memaksa diri untuk terbisa membuat tulisan-tulisan ilmiah maupun tulisan-tulisan non-ilmiah.

Peserta pelatihan ini dari perwakilan mahasiswa mulai dari Eksekutif Mahasiswa, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Himpunan Mahasiswa Jurusan dan perwakilan dari dosen ditingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Mereka terlihat dengan giroh semangat mengikuti pelatihan ini samapai selesai acara pelatihan.

(Foto Bersama, Mahasiswa, dosen, dekanat FKIP dan Pemateri)

Endah Hendarwati, SE.,M.Pd selaku dekan FKIP UMSurabaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa orientasi diadakan pelatihan membuat jurnal ini dikhususkan kepada seluruh mahasiswa FKIP dapat meningkatkan budaya literasy dengan maksimal kemudian menulis adalah imbas dari membiasakan diri untuk membaca, tuturnya.

Lebih lanjut Ibu Dekan FKIP itu menambahkan bahwa tugas mahasiswa adalah belajar sehingga tidak ada alasan untuk beralasan tidak membaca dan menulis. Kareana aset masa depan bangsa nantinya adalah mahasiswa sehingga tentu jangan ada kata males-malesan untuk membaca dan menuangkan dalam bentuk tulisan ilmiah, tegasnya.

(Pemberian Cendera Mata oleh Dekan FKIP kepada Pemateri)

Dalam acara inti disampaikan oleh Dekan Universitas Muhammadiyah Makasar Bapak Erwin Akib, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D dengan mejelaskan secara mendalam trik menulis jurnal yang baik dan benar. Melalui pengalaman yang sangat berharga disampaikan oleh Erwin tentu menjadi pemicu mahasiswa semangat untuk membudayakan membaca dan menulis.

Erwin Akib, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D menjelaskan bahwa produktifitas menulis itu sebenarnya yang menjadi pemicu adalah kemauan atau motivasi diri. Kemudian juga ketika menjaga konsistensi dalam menulis adalah memilki pengetahuan yang luas dan kemauan yang kuat dalam menulis. Menurutnya adakalanya kebanyakan orang khususnya mahasiswa sulit menghilangkan rasa males yang terus menhantui setiap masing-masing orang, jelasnya.

Kemudian penulisan jurnal atau artikel ilmiah disusun sebagai laporan penelitian, laporan praktikum, laporan percobaan, laporan penemuan dan lain-lain. Namun, tulisan karya ilmiah barang tentu bahasa yang digunakan harus ilmiah dan tidak memunculkan keambiguan kata. Karena dengan kata-kata yang jelas ketika dimuat dalam jurnal terakreditasi atau non-terakreditasi sehingga mampu dipahami oleh semua orang yang membacanya.

Selesai acara pelatihan dengan hormat dekan FKIP UMSurabaya Ibu Endah Hendarwati, SE,.M.Pd memberikan penghargaan khusus kepada pemateri Bapak Erwin Akib, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D dari Dekan Universitas Muhammadiyah Makasar. (Ari)


Leave a Reply