Bermain bersama HIMA PGSD UMSurabaya di CFD Taman Bungul Surabaya

Bermain bersama HIMA PGSD UMSurabaya di CFD Taman Bungul Surabaya

Category : berita

Surabyaa, 15 April 2018

Aku rindu tawa itu, yang sekilas ikhlas sampai terlihat gigi susumu

Aku rindu canda itu, melingkar duduk bersama sambil bermian ular tangga

Ayo lompat dan terpingkallah karena itu nanti yang kita rindukan

Sesuatu yang mungkin akan hilang karena retasan zaman

(Mahasiswa PG-SD UMSurabaya menunjukkan cara bermain)

Sepenggal puisi di atas adalah gambaran perkembangan sosial anak usia sekolah dasar (SD) yang kini sudah mulai pudar. Berkembanganya globaliasasi mengikis sedikit demi sedikit interaksi antar individu dan kelompok bermain. Interaksi berubah kearah virtual, dimana keseimbangan motorik, kognitif, dan afektif anak tidak dapat berkembang secara maksimal. Bermain anak secara virtual, berbicarapun secara virtual, bernyanyi tidak kalah juga virtual.

Mirisnya keadaan ini menjadi kajian khusus yang dilakukan oleh HIMA Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya. Melalui Forum Diskusi Grup (FGD) mereka menumpahkan ide dan gagasan untuk mencoba mencari solusi pemecahan masalah ini. Hasil FGD tersebut melahirkan ide mengajak anak – anak usia sekolah dasar untuk bermain bersama pada kegiatan car Free Day (CFD) di taman bungkul Surabaya setiap hari minggu mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB. Kegiatan ini dipilih menjadi salah satu solusi pemecahan masalah di atas karena mahasiswa menganggap permainan tradisional memiliki unsur pengembangan karakter yang baik. Hampir semua permainan tradisional memerlukan kolaborasi (berkelompok/ berpasangan) sehingga hubungan sosial antar individu bisa terjalin dalam keakraban.

(Mahasiswa PG-SD UMSurabaya bermain bersama anak-anak)

Masyarakat yang membawa anak usia SD dan anak sendiri antusias pada program yang ditawarkan mahasiswa. Terbukti banyak anak yang tertarik dan sangat menikmati kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa yang terhimpun dalam HIMA PGSD UMSurabaya. Permainan yang ditawarkan pada pertemuan perdana kali ini adalah dakon, lompat tali dan bekel.

Nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin 2 minggu sekali dan mengambil spot tempat berkumpulnya masarakat pada hari libur salah satu spot yang dipilih kali ini adalah CFD Taman Bungul Surabaya. Selain mengajak siswa bermain mahasiswa juga berkomunikasi dengan pengunjung yang hadir dan memperkenalkan program studi PGSD  Universitas Muhammadiyah\ Surabaya sebagai salah satu pilihan yang dapat dijadikan opsi masyarakat dalam memilih perguruan tinggi.

Dalam waktu dekat HIMA PGSD juga akan mengadakan Lomba Poster untuk siswa tingkat SMA/MA/SMK serta lomba baca puisi untuk anak usia Sekolah Dasar 1-3 dengan total hadiah yang ditawarkan berupa uang pembinaan jutaan rupiah, trophy, dan piagam penghargaan.  Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap karya visualisasi mind mapping dalam sebuah poster serta apresiasi dalam sastra. (Fitroh Espepe)

 


Leave a Reply