HIMA Biosfer Agendakan BICOM 2018 Se-Jawa Timur

HIMA Biosfer Agendakan BICOM 2018 Se-Jawa Timur

Category : berita

Surabaya 08/05/2018 Himpunan Mahasiswa  Pendidikan Biologi (BIOSFER) UMSurabaya menggelar acara kompetisi tahunan yang diberinama BICOM “ Biosfer Inovation Competiton “ tingkat SMA/MA/SMK Se-Jawa Timur yang bertemakan“ Karya Cerdas Kreatif dan Inovatif untuk menjagalingkungan” Kamis/03/mei/2018 di gedung  G Inspire lantai 6 UMSurabaya.

Acara Bicom 2018 ini berlangsung satu hari yang langsungdibukaolehn Kaprodi Pendidikan Biologi, ibu Ir. Ruspeni Daeusi, M.Kes dan dihadiri seluruh jajaran staf dosen biologi dan mahasiswa Pendidikan biologi UMSurabaya. Acara tersebut juga mengundang para alumni Pendidikan biologi dari seluruh angkatan.

Rini Megawati Ningsih selaku ketua pelaksana acara BICOM dalam sambutannya mengatakan bahwa acara tersebuttelah di ikuti oleh 28 timdari 22 sekolah SMA/MA/SMK Se-Jawatimur. Dari 28 tim dipilih 12 proposal yang masuk dalam tahap selanjutnya yaitu presentasi produk yang dinilai langsung oleh 3 dewan juri.

“Acara BICOM yang setiap tahun diadakan oleh HIMA Prodi Pendidikan Biologi UMSurabaya merupakan suatu rangkaian acara yang bertujuan untuk memberikan wadah kepada siswa/siswi SMA/MA/SMK Sederajat dalam mengapresiasikan daya berfikir yang kreatif dan inovatif, serta untuk menjalin silaturahmi semua angkatan, dari mahasiswa biologi yang masih aktif kuliah maupun yang sudah menjadi alumni.

Selain itu sambutan yang disampaikan oleh Ketua HIMA Biosfer acara ini tujuannya adalam rangka untuk dalam  mensinergikan program kerja Biosfer dan Prodi Pendidikan Biologi itu sendiri. Karena menurutnya ketika Hima sinergi dengan prodi dan prodi sebagai tumpuan hima untuk mengarahkan maka hima kedepannya aka  lebih variatif mengagendakan acara yang membawa nama baik prodi kedepannya, ujarnya.

Agenda BICOM 2018 ini juga dilanjutkan Seminar Teknologi Lingkungan yang membahas tentang teknologi konservasi  yang didalam Seminar tersebut narasumberi Dosen Pendidikan biologi UMSurabaya bapak Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes dan ibu WirdhatulMuslihatin, S.Si., M.Si. yang sekarang menjadi dosen disalah satu kampus Negeri Surabaya yaitu ITS.

Foto Bersama dengan 12 Finalis Karya Inovasi Siswa se-Jawa Timur

Setelah seminar teknologi lingkungan selesai langsung diumumkan 12 finalis yang akan dipilh menjadi juara 1, 2 dan 3. Sesui dengan kesapakatan para juri yang telah direkapitulasi Juara 1 dimenangkan oleh perwakilan dari SMK muhammadiyah 1 lamongan “tempat sampah sahrini”, juara 2 perwakilan dari SMA Muhammdiyah 1 babat lamongan “DenTizer” juara 3 perwakilan dari SMA Muhammadiyah 1 taman Sidoarjo “Mobil Panel Surya Multifungsi”.

Kemudian setelah itu, acara BICOM 2018 ditutup langsung oleh Wadek 2 FKIP UMSurabaya Ratno Abidin, M.Pd dan menyampaikan dalam sambutannya ajang ini bukan dari akhir dari proses perjuangan para siswa namun setiap kompetisi pasti ada kelah dan menang. Maka teruslah berkarya dan berinovasi karena kalian adalah aset masa depan bangsa, ujarnya. (Hima/Ari).


Leave a Reply