Sulap Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya Bersama SMP

Sulap Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya Bersama SMP

Category : berita

Surabaya, 8/05/2018. Tiga mahasiswi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan pengabdian sebagai bentuk kepedulian terhadap warisan budaya berupa permainan tradisional yang semakin ditinggalkan oleh anak-anak. Nur Isnaini Utami, Indah Kurnia, dan Lelly Oktafiana mencetuskan permainan tradisional Engklek Geometri sebagai upaya pelestarian permainan tradisional melalui proses pembelajaran matematika bagi anak-anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan yang berlangsung di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya ini merupakan bentuk implementasi dari hibah Ristek Dikti pada Program Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) Senin 7 Mei 2018

Kegiatan ini akan berlangsung selama satu pekan ke depan, tujuannya adalah untuk memperkenalkan kembali kepada anak-anak adanya permainan tradisional Engklek yang semakin kurang diminati dibandingkan permainan di gadget seperti handphone atau komputer”, tutur Utami sebagai ketua pelaksana kegiatan. Himmatul Mursyidah, S.Si., M.Si. selaku dosen pendamping PKMM dalam sambutan pembukaan kegiatan menyampaikan, “Selain memperkenalkan permainan tradisional, dengan adanya implementasi PKMM Engklek Geometri juga diharapkan dapat menambah wawasan guru-guru di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya, khususnya guru matematika, mengenai ragam media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.”

Kegiatan implementasi PKMM Engklek Geometri disambut baik oleh pihak SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Pembukaan yang dilanjutkan dengan sosialisasi kepada sasaran PKMM di hadiri oleh Kepala Sekolah, guru, dan 120 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya berlangsung dengan lancar. Dalam sambutannya, Kepala SMP Muhammadiyah 4 Surabayamenyampaikan bahwa Media Engklek Geometri merupakan terobosan baru dalam mengajak siswa mencintai mata pelajaran matematika, tanpa ada rasa takut, dan tidak lagi menganggap matematika sebagai momok yang berakibat pada semakin meningkatnya prestasi siswa pada mata pelajaran ini.

Mahasiswa Mendampingi Siswa Bemain Sambil Belajar

Muhammad Adenin, S.Ag. M.Pd.I., Kepala SMP Muhammadiyah 4 Surabaya juga berpesan, “Siswa-siswi kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya manfaatkan baik-baik kesempatan ini, Kakak-Kakak kalian dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya akan menunjukkan kalian sulap. Sulap mengubah mata pelajaran matematika yang selama ini kalian anggap membosankan dan jadwalnya paling tidak kalian nantikan akan berubah menjadi menyenangkan dan jadwalnya paling kalian nantikan.”

Rupanya kalimat pesan yang diberikan Kepala SMP Muhammadiyah 4 Surabaya kepada siswa-siswinya langsung terealisasi. Hal tersebut ditunjukkan dari antusiasme siswa-siswi SMP Muhammadiyah 4 Surabaya dalam mendengarkan arahan sosialisasi dari tim pelaksana program PKMM. Mereka tidak segan maju untuk ikut berpartisipasi dalam simulasi dan melakukan tanya jawab  saat ada yang belum dipahami. “Ini baru sosialisasi cara-cara penggunaan media engklek secara umum, ke depannya adik-adik bisa praktik langsung di kelas karena kami akan melakukan implementasi ke tiap kelas”, ujar Lelly salah satu anggota tim pelaksana. (Ida/Editor)


Leave a Reply