Surabaya, 15/05/2018. Kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi menjadi tanggung jawab dan kewajiban bagi seseorang yang memilih profesi dosen. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat merupakan sarana mendesiminasikan hasil penelitian dan pembaharuan ilmu dari pendidikan tinggi pada masyarakat. Tidak terkecuali dosen – dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya).

Sebagai pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan ke SD an dosen PGSD UMSurabaya memiliki peran penting dalam pengembangan wawasan keilmuan ke SD an dan menjalin sinergi dengan pemangku kepentingan terkait dalam mewujudkan langkah tersebut. Kali ini dosen program studi PGSD UMSurabaya menggandeng guru – guru di SDN Wates 6 Kota Mojokerto. Kepala sekolah SDN Wates 6 Kota Mojokerto Bapak Gatot Asrianta., S.Pd., MM mengajukan program peningkatan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran dan menyusun penelitian tindakan kelas (PTK).

Sambutan Kepala Sekolah SDN Wates 6 Kota Mojokerto

Menurutnya, guru – guru saat ini memiliki sumber daya pendukung bagus dibandingkan dengan guru – guru sebelum tahun 2000 baik dalam kemampuan akademik dan finansial. Namun, guru pada zaman dahulu lebih kreatif dalam membuat media dan alat peraga dalam pembelajaran. Selain itu kewajiban guru melakukan penelitian juga menjadi wajib untuk guru – guru yang akan naik tingkat ke golongan IV. Sehingga mau tidak mau guru saat ini harus melakukan penelitian dalam lingkup kecil dapat berupa PTK. Menanggapi proposal tersebut dosen program studi PGSD memandang perlu terjun langsung untuk membantu memberikan solusi dan pemecahan masalah yang muncul.

Selain sebagai bentuk perhatian dalam peningkatan kualitas pendidikan juga sebagai wadah pengabdian masyarakat dosen. Kegiatan workshop dilakukan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 7 – 9 Mei 2018. Waktu yang dipilih merupakan opsi pihak sekolah karena waktu tersebut kegiatan pembelajaran sudah tidak aktik dikarenakan kegiatan ujian sudah selesai dilaksanakan. Yang menjadi pokok pembahasan pada workshop kali ini adalah kegiatan penyusunan PTK bagi guru SD.

Suasana Diskusi Peserta Guru-Guru SD

Materi dalam PTK dikupas dan dibagikan pada dosen-dosen PGSD untuk nantinya langsung diworkshopkan pada saat pelatihan. Untuk perumusan masalah dan judul menjadi tanggung jawab Pak Fajar Setiawan., S.Pd., M.Pd, kemudian untuk menyusun latar belakang dan membuat kalimat rumusan menjadi tanggung jawab Ibu Kunti Dian Ayu., S.Si., S.Pd., M.Pd. Ibu Dra. Badruli Martati., SH. MA., M.Pd bertanggung jawab dalam menentukan variabel yang harus masuk dalam Tinjauan Pustaka, metode penelitian menjadi tanggung Jawab Ibu Lilik Binti Mirnawati., S.Pdi., M.Pd.

Hasil penelitian dan Pembahasan disampaikan oleh Bapak Deni Adi Putra., S.Pd., M.Pd kemudiam membuat kesimpulan penelitian menjadi tanggung jawab ibu meriza Nanda Faradita., S.Pd., M.Pd. sebagai penutup bapak Fitroh Setyo Putro Pribowo selaku kaprodi PGSD UMSurabaya memberikan materi tentang membuat Biliography dan Sitasi sekaligus menutup kegiatan pengabdian masyarakta dosen PGSD UMSurabaya di SDN Wates 6 Kota Mojokerto.

Dosen PGSD UMSurabaya Menyampaikan Materi

Kegiatan yang diikuti oleh 15 guru dan kepala sekolah ini memiliki kesan tersendiri sehingga Bapak Gatot Asrianta untuk mengajak dosen PGSD UMSurabaya memberikan workshop serupa pada lingkup yang lebih luas yaitu gugus sekolah. Semoga kegiatan yang dilakukan oleh masing – masing pihak benar – benar dapat menginkatkan kulatisan pendidikan di Indonesia. (FitrohPribowo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *