Peningkatan Budaya Literasi dengan Lomba Baca Puisi dan Launching PGSDUMSurabaya E- Library

Peningkatan Budaya Literasi dengan Lomba Baca Puisi dan Launching PGSDUMSurabaya E- Library

Category : berita

Surabaya, 15/05/2018. Rendahnya budaya literasi di Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Berdasarkan survei PISSA 2015 rangking Negara Indonesia dalam kegiatan Sains, Matematika dan Kemampuan baca berada pada peringkat 67 dari 72 negara di dunia yang disurvey. Minat baca masyarakat khsusunya siswa sebenarnya tinggi namun daya bacanya yang rendah. Terbukti siswa lebih senang membaca informasi yang singkat dan bergambar daripada menemukan informasi dari bacaan yang panjang. Menyikapi hal tersebut Hmpunan Mahasiswa PGSD (HIMAPSDA) UMSurabaya merasakan memiliki peran dan tanggung jawab dalam menerjemahkan permasalahn yang muncul.

Salah satu kiat yang diambil adalah mengadakan Lomba Baca Puisi bertajuk Pahlawan untuk siswa SD se Kota Surabaya. Puisi adalah karya sastra imajinatif yang dapat membangun karakter siswa melalui pemahaman kognitif, afektif dan psikomotorik. Lomba baca puisi untuk siswa SD dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Mei 2018 di Gedung Attauhid lantai 1003. Lomba ini diikuti oleh 19 siswa dan siswi SD yang tersebar di Kota Surabaya. Dengan mengambil tema pahlawan para peserta cilik benar – benar tampil all out. Ada siswa yang memakai baju Kartini, memakai Baju polisi, TNI, pejuang, serta hisbulwathan. Kegiatan ini memperebutkan juara 1,2,3 serta juara Favorit. Juara 1 lomba baca puisi diberukan kepada adek Izzah Salwa Zaaidah dari SD Muhammadiyah 21 Surabaya.

Pemenang Lomba Puisi Tingkat Sekolah Dasar

Acara dimulai pukul 08.00, Kaprodi program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan mahasiswa ini sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan dan perubahan pendidikan. Disampaikan pula bahwa prodi siap mendukung dan memfasilitasi semua kegiatan mahasiswa yang arahnya pembangunan Sumber Daya Manusia, inovasi, dan interpreneur sebagai perwujudan visi misi institusi. Acara dibuka dan diresmikan oleh Ibu Endah Hendarwati., SE., M.Pd selaku Dekan FKIP UMSurabaya. Dalam sambutannya ibu dekan menyampaikan langkah yang diambil HIMAPSDA dalam meningkatkan budaya literasi melalui karya sastra sangat positif dan diharapkan kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Sambutan Dekan FKIP (Endah Hendarwati, SE.,M.Pd)

Selain membuka acara lomba baca puisi dalam kesempatan ini Dekan FKIP UMSurabaya juga melaunching aplikasi PGSDUMSurabaya E- Library, sebuah aplikasi perpustakaan berbasis android dan PC. Aplikasi ini menyediakan buku perkuliahan yang sementara dikhususkan untuk mahasiswa PGSD UMSurabaya. Program ini adalah kerjasama antara Prodi PGSd UMSurabaya dengan PT Enam Kubuku Indonesia yang berpusat di Yogyakarta.

Sebagai program studi yang memiliki visi berbasis Tekhnologi Informasi pada tahun 2021 PGSD UMSurabaya secara bertahap mengarahkan pembelajaran menggunakan sumber, alat, dan metode yang memanfaatkan Tekhnolog Informasi dan Komunikasi. Hal tersebut sejalan dengan revolusi Industri 4.0 yang mengedepankan pada basis data dan jaringan.  Sehingga kemampuan digital literacy mahasiswa dapat diasah sedini mungkin. (FitrohPribowo)


Leave a Reply