Kesepahaman Tim PKM FKIP UMSurabaya dengan MGMP dan Mitra

Kesepahaman Tim PKM FKIP UMSurabaya dengan MGMP dan Mitra

Category : Berita

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) Dr. Lina Listiana, M.Kes. sebagai ketua pelaksana Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bersama bersama Ir. Ruspeni Daesusi, M.Kes dan Sandha Soemantri, S.Pd., M.Pd sebagai anggota melakukan pertemuan kesepahaman dengan mitra (SMA Muhammadiyah 7 Surabaya) dan perwakilan MGMP Guru-guru Biologi Muhammadiyah Kota Surabaya untuk menyamakan persepsi atas program, memastikan alur Kegiatan, dan strategi implementasi berjalan baik.

Pertemuan yang dilaksanakan pada 7 Mei 2019 ini merancang kegiatan-kegiatan yang difasilitasi oleh MGMP Biologi Muhammadiyah kota Surabaya dengan anggota sekolah-sekolah menengah atas Muhammadiyah yaitu berjumlah tujuh SMA Muhammadiyah. Adapun bentuk kegiatan yang akan ditawarkan pada PKM ini adalah:

  • Workshop pemberdayaan keterampilan metakognitif siswa bagi guru-guru melalui MGMP Biologi Muhammadiyah Surabaya,
  • Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran yang memberdayakan keterampilan metakognitif,
  • Pembelian sarana dan prasarana media pembelajaran praktikum,
  • Pendampingan pembelajaran biologi yang memberdayakan keterampilan metakognitf di kelas,
  • Seminar hasil mengevaluasi kegiatan untuk tindak lanjut diterapkan di MGMP kabupaten yang lain, misalnya Gresik, Sidoarjo dan Mojokerto.

Adapun Capaian luaran yang diharapkan dalam pertemuan ini adalah: (1) Buku Model Pembelajaran; (2) Buku Panduan guru memberdayakan keterampilan metakognitif; (3) Alat bantu belajar/media pembelajaran praktikum; (4) sertifikat pelatihan; (5) artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal ber ISSN, DOI dan OJS


Leave a Reply