By : admin

Pada musim pandemi covid 19 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 agar seluruh kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun kampus perguruan tinggi menggunakan metode daring (dalam jaringan) sebagai upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Coronavirus disease (Covid-19). Metode daring erat kaitanya dengan teknologi informasi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini membawa berbagai perubahan dalam kehidupan manusia. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin dirasakan di berbagai sektor utamanya di bidang pendidikan. Peran TIK dalam pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan menjadi prioritas dengan kesadaran bahwa keberhasilan suatu bangsa di masa depan sangat tergantung pada kualitas pendidikan.

Dalam melakukan pembelajaran online ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu sarana dan prasanara termasuk platform serta tools yang menunjang, infrastruktur dan sumber daya manusia. Salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan adalah kebutuhan tools atau platform yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

Salah satu sarana dalam melakukan pembelajaran online adalah menggunakan ruang belajar. Ada beberapa runag belaar yang dapat digunakan salah satunya Microsoft Team (MST). Microsoft Teams dapat digunakan bagi mahasiswa, dosen, ataupun staf dalam berkomunikasi secara real-time. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di lingkup akademik di antaranya diskusi personal serta dilengkapi dengan Office 365 sehingga semua orang dapat langsung mengakses seluruh informasi dan alat yang diperlukan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki tugas untuk memberikan layanan terutama kepada mahasiswa  untuk tetap melakukan proses pembelajaran pada masa pandemi ini. Sehingga FKIP memberikan amah kepada Tim LP4 FKIP untuk melakukan Pelatihan Pembelajaran Daring Melalui Microsoft Team (MST). Tujuan kegiatan ini adalah memberikan tambahahan refrensi untuk dosen dalam melakukan pembelajaran daring.

 Pelatihan ini dilakukan pada hari Rabu, 20 Mei 2020 pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB dengan menggunakan aplikasi Zoom dengan diikuti seluruh dosen FKIP. Pemateri pelatihan ini oleh Shoffan Shoffa, S.Pd., M.Pd dan di  buka langsung oleh dekan FKIP Endah Hendarwati, S.E., M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *