By : admin

Pada 20 Mei 2020 Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surabaya adalah hari yang menggembirakan bagi civitas akademika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya. Ditengah melonjaknya pasien terkonfirmasi positif covid-19 dan kebutuhan akan optimalisasi pelaksanaan pembelajaran ditengah wabah ini FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya menyelenggarakan international webinar on eduacation 2020 dengan tema “ Adapting and transforming the Activity of teaching and learning in south east asian during covid-19 pandemic” . Webinar ini berkolaborasi dengan beberapa universitas baik nasional maupun internasional sebagai bentuk implementasi MOU yang pernah dilakukan. Diantaranya adalah University Teknologi Malaysia, Fatoni University Thailand, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dokumentasi Pelaksanaan Webinar Melalui zoom

Webinar ini dilaksanakan melalui aplikasi online zoom serta live streaming di youtube dan facebook yang diikuti hampir 800 peserta lebih tepatnya adalah 786 peserta yang terbagi menjadi 500 peserta mengikuti melalui zoom, 200 peserta melalui youtube, dan sisanya melalui Facebook. Seminar dengan model webinar ini menjadi model baru pelaksanaan seminar yang sebelumnya biasanya diadakan melalui tatap muka bertempat di hall room kampus atau hall sebuah hotel.

Tema seminar dipilih karena berdasakan kajian banyak masalah yang timbul akibat perubahan model belajar yang berbasis tatap muka menjadi berbasis online. Pembelajaran model online atau e – learning sebenarnya bukanlah sebuah pendekatan yang baru dalam pembelajaran. Pada awal tahun 1990 sejak ditemukannya komputer pembelajaran e- learning sudah menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan guru atau dosen sebagai media penyempai pesan bahkan sebagai media bertukar pesan dari guru kepada siswa serta sebaliknya. Namun menjadi masalah ketika pelaksanaan e-learning tidak dipersiapkan matang sebelumnya. Apalagi saat pandemi covid-19 ini LFH (learning from home) dipilih menjadi salah satu problem solving dalam pelaksanaan pembelajaran pada saat semester genap pembelajaran sudah berjalan hampir separuh, sehingga pendidik tidak memiliki kesiapan khusus dalam pelaksanaannya.

Penyerahan Hasil Donasi Webinar FKIP kepada LAZISMU PWM Jatim

Webinar ini berisi sharing terkait solusi yang dapat dilakukan oleh pendidik agar pembelajaran tetap bisa berjalan denga optimal walaupun dijalankan dengan online ­/ e- learning untuk smeua jenjang pendidikan mulai anak usia dini hingga perguruan tinggi. Webinar ini juga mewadahi peneliti dan praktisi pendidikan dalam mengkomunikasikan gagasannya sebagai bentuk kepeduliaan terhadap pelaksanaan pendidikan masa pandemi covid-19 ini dengan mempresentasikan artikel ilmiah dan mempublikasikannya pada prosiding. Melalui webinar ini luaran yang dihaliskan inovatif yaitu ilmu yang bermanfaat, pemaparan hasil penelitian, dan publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan prosiding.

Selain kegiatan webinar panitia mengemas acara ini dengan kegiatan Sosial Penanggulangan Covid-19. Bentuk kegiatan sosial yang dimaksud adalah seluruh konstribusi yang didapatkan dari peserta seminar ini digunakan sebagai donasi bagi penanggulangan covid-19. Hasil donasi ayng diperoleh dari kegiatan ini mencapai Rp. 7.100.000,- ( tujuh juta seratus ribu rupiah) dan disalurkan kepada MCCC melalui LAZIZMU ( lembaga Amil Zakat Muhammadiyah ) Pimpinan Wilayah Muhhammadiyah Jawa Timur.  Penyerahan Donasi dilakukan oleh Dekan FKIP Universitas Muhammaidyah Surabaya Ibu Endah Hendarwati., SE., M.Pd dan didampingi oleh Wakil Dekan 1 FKIP Bapak Drs. Yarno., M.Pd dan Ketua Panitia seminar Bapak Fitroh Setyo Putro P. M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *