PEMILIHAN IKAMAPSDA (IKATAN ALUMNI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DASAR)

Salah Satu faktor perbaikan Pendidikan dan pembelajaran adalah masukan stakeholder. Masukan stakeholder dalam hal ini alumni dan pengguna lulusan dapat memberikan kritik dan masukan sesuai dengan kondisi, kebutuhan, serta perkembangan Pendidikan di lapangan. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai salah satu Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) mengembangkan pembelajaran dengan didasarkan pada undang – undang yang berlaku dan pembaharuan sistem Pendidikan Nasional dipadukan dengan perkembangan teori – teori pembelajaran serta hasil penelitian dan pengabdian dosen dan mahasiswa.

Namun masalah real di lapangan tidak akan sepenuhnya tercapture dengan baik apabila hubungan antara program studi dalam LPTK dengan stakeholder tidak terjalin harmonis.

Berdasarkan hal itu Prodi S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya pada tahun 2020 lalu telah berhasil meluluskan mahasiswa pertama kali, perlu membangun hubungan dengan pengguna lulusan dan lulusan. Pengguna lulusan dalam hal ini ada sekolah dan lulusan adalah alumni. Untuk itu diperlukanlah ikatan alumni yang mewadahi seluruh alumni mahasiswa S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya yang nantinya berfungsi sebagai salah satu indikator asesmen dalam perbaikan proses pembelajaran di program studi selanjutnya.

Pada pemilihan yang dilaksanakan pada hari Ahad, 06 Juni 2021 melalui media daring tersebut secara voting terpilihlah Muhammad Dwi Firmansyah sebagai alumni yang memperoleh vote tertinggi disusul oleh Nazarita Rizqi Nanda pada urutan ke dua. Berdasarkan hasil itu maka malam itu juga disahkan secara bersama – sama M. Dwi Firmansyah sebagai ketua IKAMAPSDA tahun 2021-2022. M. Dwi Firmansyah adalah mahasiswa “LEGEND” jika bisa disebukan demikian. Bukan karena usia atau lainnya namun karena dia adalah lulusan pertama prodi S1 PGSD UMSurabaya. Tidak dapat dipungkiri sampai nanti pun lulusan pertama ini akan menjadi salah satu memorian dalam perkembangan prodi PGSD ke depannya. Selain itu kemampuan leadership M. Dwi Firmasyah selama kuliah diyakini mampu membangun sinergi antara program studi, alumni, dan mahasiswa yang masih aktif. (Fspp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *