Rekonstruksi Kurikulum, FKIP UM Surabaya Persiapkan SDM Unggul

Perkembangan kurikulum sejatinya berorientasi kepada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

“Rekonstruksi kurikulum program studi di lingkungan FKIP UM Surabaya di lakukan dalam rangka mendukung peraturan Menteri Pendidikan. Selain mendukung peraturan Kemdikbud, perubahan kurikulum bertujuan mengikuti perkembangan IPTEK dan masukan dari para stakeholder” Ungkap Ratno Abidin Dekan FKIP UM Surabaya

Bertempat di Hotel La Lisa Surabaya, Rapat Koordinasi Pembahasan Kurikulum Program Studi, Rencana Strategi (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Surabaya diselenggarakan demi terciptanya SDM yang unggul,

Pemutakhiran Kurikulum perlu dituntaskan dan dievaluasi secara berkala. Hal ini dilakukan atas dinamika pendidikan yang terus mengalami perubahan. Pergeseran dari model Kurikulum 2013 (Kurtilas) dan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ke MBKM merupakan sebuah terobosan yang mesti dimaknai sebagai tantangan dan kesempatan.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu pengembangan kurikulum  yang berorientasi MBKM dengan cara melengkapi seluruh dokumen. Adapun program studi yang melakukan rekonstruksi di antaranya Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, PG PAUD dan PGSD.

Ratno juga menyampaikan setiap prodi bisa memilih delapan bentuk kegiatan pembelajaran yang ada di MBKM sesuai dengan kapasitas dan kemampuan. Apakah memilih tiga atau lima bentuk kegiatan pembelajaran, tetapi kalau misalnya mampu dengan SDM yang ada, bisa sampai delapan.

 “Kegiatan ini dapat berjalan lancar berkat antusias para pimpinan FKIP, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Unit Penjaminan Mutu Fakultas maupun di tingkat Program Studi dan Ketua Unit di tingkat Fakultas” pungkas Ratno. 

Sumber : https://www.um-surabaya.ac.id/homepage/news_article?slug=rekonstruksi-kurikulum-fkip-um-surabaya-persiapkan-sdm-unggul

Leave a Reply

Your email address will not be published.