Kuliah Pakar “Evaluasi Pembelajaran AUD Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dimasa Pandemi”

Bentuk impelementasi dari program MBKM program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini universitas Muhammadiyah Surabaya bekerjasama dengan program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dalam menyelenggarakan kuliah pakar yang dilaksanakan secara daring pada hari Senin, 29 November 2021 dengan tema “Evaluasi Pembelajaran AUD Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dimasa Pandemi”. Kuliah pakar yang diselenggarakan menghadirkan Dr. Acep Kusdewilirawan, M.Pd sebagai pemateri. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah melalui proses pemberian informasi edukatif dari seorang ahli kepada mahasiswa diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi mahasiswa khususnya yang berkaitan dengan tema yang diangkat dalam kuliah pakar ini.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB diikuti oleh kurang lebih 120 peserta yang tergabung dalam zoom meeting dari kalangan dosen program studi PG PAUD, mahasiswa PG PAUD UMSurabaya dan UHAMKA, serta sebagian peserta yang merupakan mahasiswa pertukaran pelajar. Kegiatan dibuka oleh MC yang merupakan salah satu mahasiswa PG PAUD (Razidinnor), dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh kaprodi PG PAUD UMSurabaya Bapak Drs. Wahono, M.Si dan dibuka secara resmi oleh dekan FKIP UMSurabaya yang diwakilkan oleh wakil dekan II Bapak Drs. H. Wijayadi, M.Pd. Kegiatan ini juga dihadiri oleh kaprodi PG PAUD UHAMKA Ibu Amelia Vinayastri, S.Psi., M.Pd. dan kaprodi PG PAUD UNIPA ibu Isabela, M.Pd. sebagai mitra dari prodi PG PAUD UMSurabaya

Setelah dibuka secara resmi rangkaian kegiatan kuliah pakar dimulai dengan di pandu oleh moderator yang merupakan salah satu dosen PG PAUD UMSurabaya Ibu Naili Sa’ida, S.Pd., M.Pd, diawali dengan pembacaan CV pemateri dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Dr. Acep Kusdewilirawan, M.Pd dimana beliau adalah salah satu dosen PG PAUD UHAMKA yang menyampaikan materi selama kurang lebih 45 menit, sebelum memasuki pembahasan terkait evaluasi pembelajaran anak usia dini pemateri menyampaikan terlebih dahulu apa tujuan pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran pada anak usia dini Bapak Acep memaparkan bahwa ketika kita ingin menampilkan suatu media pembelajaran yang terpenting adalah tujuannya sudah terlihat, ketika tujuan sudah terlihat maka kita akan mudah dalam mengevaluasi media pembelajaran tersebut. Pemamparan materi terus berlanjut materi-materi yang diberikan sangat out of the box disertai dengan contoh-contoh media yang bisa dimanfaatkan bagi aktivitas pembelajaran anak usia dini yang mampu menstimulus anak untuk berpikir konkrit, melalui kegiatan aktif dan tidak pasif. Salah satu yang dicontohkan adalah eksperimen sederhana untuk anak dengan media air dan minyak bahwa ternyata air dan minyak tidak bisa menyatu, anak akan berlogika dan akan muncul pertanyaan kenapa air tidak bisa bergabung dengan minyak? Hal ini menjadi tugas pendidik untuk menjelaskan secara sederhana agar mudah dipahami anak. Terakhir Bapak Acep menambakan evaluasi pembelajaran adalah proses menentukan tingkat pencapaian berdasarkan nilai-nilai ketepatan aktivitas pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan secara sistematis. Setelah penyampaian materi selesai maka dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang diikuti secara antusias oleh peserta kuliah pakar, hal ini dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta sehingga diskusi semakin menarik. Kaprodi PG PAUD UHAMKA Ibu Amelia Vinayastri, S.Psi., M.Pd., juga menambahkan bahwasanya “materi yang disampaikan oleh pemateri sangat menarik sehingga menambah semangat untuk menjadi seorang guru PAUD.” Setelah semua pertanyaan dijawab dan diulas secara mendalam oleh pemateri, moderatorpun mewakili panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan para peserta yang mengikuti kuliah pakar kemudian dikembalikan ke MC.

Kegiatan ditutup pada pukul 11.20 WIB dengan doa yang dipimpin oleh dosen PG PAUD UMSurabaya Ibu Wardah Suweleh, S.Pd., M.Pd., dan kemudian kegiatan ditutup oleh MC. Di akhir sesi pemateri, seluruh peserta serta dosen yang hadir melakukan foto bersama sebagai bentuk pendokumentasian kegiatan.

Nurul Afifah

Leave a Reply

Your email address will not be published.