Berita dan Pengumuman

Meningkatkan Kemampuan Keilmuan & Praktik Mengajar Melalui Kegiatan Asistensi Mengajar Pada Lembaga PAUD

  • Di Publikasikan Pada: 17 Jul 2022
  • Oleh: Admin FKIP | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

SURABAYA- Asistensi mengajar di satuan pendidikan adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing lapangan di satuan pendidikan formal di luar perguruan tinggi. Asistensi mengajar merupakan wujud implementasi Kampus Merdeka di FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya hal ini dilakukan dengan pembelajaran di dalam dan luar perguruan tinggi. Pembelajaran di luar Universitas Muhammadiyah Surabaya dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan belajar, salah satunya dengan kegiatan asistensi ini. Kegiatan asistensi mengajar di lingkungan FKIP UMSurabaya merupakan program baru yang diterapkan pada tahun ini, kegiatan ini diikuti oleh beberapa prodi di lingkungan FKIP UMSurabaya. Kegiatan asistensi mengajar dilaksanakan dengan support dari Pimpinanan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Timur, sehingga seluruh mahasiswa-mahasiswa asistensi diletakkan pada sekolah-sekolah berbasis Aisyiyah yang berada disekitar Surabaya. 

Untuk mengikuti kegiatan asistensi mengajar mahasiswa harus melakukan proses pendaftaran sesuai waktu yang telah ditentukan pada Semester Gasal atau Semester Genap. Pendaftaran Asistensi Mengajar dilaksanakan 1 bulan sebelum pelaksanaan Asistensi Mengajar. Kegiatan asistensi dilakuan selama kurun waktu 3 bulan di sekolah-sekolah yang telah ditetapkan oleh Fakultas.

Mahasiswa yang mengikuti asistensi nantinya akan memperoleh penilaian yang dapat dikonversikan pada kegiatan KKN yang berbobot (2 SKS) dan PPL berbobot (2 SKS) di bawah bimbingan LPPM UMSurabaya, dalam kegiatan ini mahasiswa dapat memperoleh nilai konversi apabila telah menyelesaikan luaran kegiatan berupa 1) Artikel Penelitian, 2) Print Out Berita Media, dan 3) Perangkat Pembelajaran (RPP, LKPD Atau Media). Kegiatan Asistensi dibagi menjadi beberapa kelompok dan pada setiap kelompok mahasiswa terbagi menjadi beberapa sekolah salah satunya pada kelompok 4, yang terdiri dari 5 mahasiswa yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan ibu Gusmaniarti, M.Pd.

Ketua kelompok 4 Henita, mengatakan bahwa pada program asistensi ini kelompoknya menerapkan suatu program sebagai luaran kegiatan asistensi mengajar yakni "Pendampingan Pembuatan Desain Pembelajaran Menggunakan PPT Interaktif untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Pada Anak Usia Dini". Program ini disambut dengan antusias oleh guru di lembaga PAUD. Henita juga mengatakan kegiatan ini membuat mahasiswa sebagai calon guru mampu melatih soft skill yang dimiliki agar bisa bertindak profesional dalam menjalani profesi sebagai seorang guru khusunya guru PAUD kedepannya ketika memasuki dunia kerja.

Dari kegiatan ini kita juga dapat mengobservasi secara langsung kegiatan di lingkungan sekolah, dan apa yang kita dapatkan dalam perkuliahan seperti halnya pembuatan RPP dan praktik mengajar juga dapat kita terapkan secara langsung di sekolah sehingga ini menjadi tantangan sendiri bagi mahasiswa asistensi dan tentunya akan menjadi pengalaman yang luar biasa, ujar Nurul salah satu mahasiswa asistensi yang diletakkan di TK Aisyiyah 52 Sukolilo.

Salah satu hasil wawancara bersama guru pamong ibu Azizah pada lembaga TK Aisyiyah 52 juga mengatakan bahwasanya asistensi mengajar ini sangat membantu kegiatan di lembaga PAUD dan dalam hal ini tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan keilmuan tapi lembaga-lembaga PAUD yang menerima mahasiwa asistensi juga dapat terbantu secara manajemen maupun proses belajar mengajar bagi siswanya di lembaga,  kedepannya jika program ini terus berlanjut maka sekolah akan sangat mengapresiasi kembali kedatangan mahasiswa-mahasiswa asistensi mengajar tersebut.

 

Penulis     : Nurul Afifah (Mahasiswa PG Paud)

Editor      : Moch. Syakroni