Berita dan Pengumuman
Meningkatkan Kemampuan Keilmuan & Praktik Mengajar Melalui Kegiatan Asistensi Mengajar Pada Lembaga PAUD
- Di Publikasikan Pada: 17 Jul 2022
- Oleh: Admin FKIP | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
SURABAYA- Asistensi mengajar di satuan pendidikan adalah bentuk kegiatan pembelajaran
yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru pamong dan
dosen pembimbing lapangan di satuan pendidikan formal di luar perguruan tinggi. Asistensi mengajar merupakan
wujud implementasi Kampus Merdeka di FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya hal
ini dilakukan dengan pembelajaran di dalam dan luar perguruan tinggi.
Pembelajaran di luar Universitas Muhammadiyah Surabaya dilakukan
dengan berbagai bentuk kegiatan belajar, salah satunya dengan kegiatan
asistensi ini. Kegiatan asistensi mengajar di lingkungan FKIP UMSurabaya
merupakan program baru yang diterapkan pada tahun ini, kegiatan ini diikuti
oleh beberapa prodi di lingkungan FKIP UMSurabaya. Kegiatan asistensi mengajar
dilaksanakan dengan support dari Pimpinanan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Timur,
sehingga seluruh mahasiswa-mahasiswa asistensi diletakkan pada sekolah-sekolah
berbasis Aisyiyah yang berada disekitar Surabaya.
Untuk mengikuti kegiatan asistensi mengajar mahasiswa
harus melakukan proses pendaftaran sesuai waktu yang telah ditentukan pada
Semester Gasal atau Semester Genap. Pendaftaran Asistensi Mengajar dilaksanakan
1 bulan sebelum pelaksanaan Asistensi Mengajar. Kegiatan asistensi
dilakuan selama kurun waktu 3 bulan di sekolah-sekolah yang telah
ditetapkan oleh Fakultas.
Mahasiswa yang mengikuti asistensi nantinya akan memperoleh
penilaian yang dapat dikonversikan pada kegiatan KKN yang berbobot (2 SKS) dan PPL berbobot (2 SKS) di bawah bimbingan LPPM UMSurabaya, dalam kegiatan ini
mahasiswa dapat memperoleh nilai konversi apabila telah menyelesaikan luaran
kegiatan berupa 1) Artikel Penelitian, 2) Print Out Berita Media, dan 3)
Perangkat Pembelajaran (RPP, LKPD Atau Media). Kegiatan Asistensi dibagi
menjadi beberapa kelompok dan pada setiap kelompok mahasiswa terbagi menjadi
beberapa sekolah salah satunya pada kelompok 4, yang terdiri dari 5 mahasiswa
yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan ibu Gusmaniarti, M.Pd.
Ketua kelompok 4 Henita, mengatakan bahwa pada program
asistensi ini kelompoknya menerapkan suatu program sebagai luaran kegiatan
asistensi mengajar yakni "Pendampingan Pembuatan Desain Pembelajaran
Menggunakan PPT Interaktif untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar
Pada Anak Usia Dini". Program ini disambut dengan antusias oleh guru di lembaga PAUD. Henita juga mengatakan kegiatan ini
membuat mahasiswa sebagai calon guru mampu melatih soft skill yang dimiliki
agar bisa bertindak profesional dalam menjalani profesi sebagai seorang guru
khusunya guru PAUD kedepannya ketika memasuki dunia kerja.
Dari kegiatan ini kita juga dapat mengobservasi secara
langsung kegiatan di lingkungan sekolah, dan apa yang kita dapatkan dalam
perkuliahan seperti halnya pembuatan RPP dan praktik mengajar juga dapat kita
terapkan secara langsung di sekolah sehingga ini menjadi
tantangan sendiri bagi mahasiswa asistensi dan tentunya akan menjadi pengalaman
yang luar biasa, ujar Nurul salah satu mahasiswa asistensi yang diletakkan di
TK Aisyiyah 52 Sukolilo.
Salah satu hasil wawancara bersama guru pamong ibu
Azizah pada lembaga TK Aisyiyah 52 juga mengatakan bahwasanya asistensi
mengajar ini sangat membantu kegiatan di lembaga PAUD dan dalam hal ini tidak
hanya mahasiswa yang mendapatkan keilmuan tapi lembaga-lembaga PAUD yang
menerima mahasiwa asistensi juga dapat terbantu secara manajemen maupun proses
belajar mengajar bagi siswanya di lembaga, kedepannya jika
program ini terus berlanjut maka sekolah akan sangat mengapresiasi kembali
kedatangan mahasiswa-mahasiswa asistensi mengajar tersebut.
Penulis :
Nurul Afifah (Mahasiswa PG Paud)
Editor :
Moch. Syakroni