Dekan

Nama Unit

Dekan di tingkat Fakultas

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
1. Bertugas membantu dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan dibidang keuangan, kepegawaian, sarana prasarana, dan kemahasiswaan.
2. Membantu dekan dalam menyusun perencanaan dan pengembangan usaha fakultas
3. Membantu dekan menjalankan pengorganisasian, pengem¬bangan sistem administrasi umum dan keuangan
4. Membantu dekan dalam pengelolaan SDM dan kesejahteraannya.
———————————————————————————————–

Wakil Dekan I

Nama Unit

Wakil Dekan I FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
1. Memimpin, menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan eva­luasi Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, me­laksanakan pengembangan fakultas, memimpin penye­leng­garaan administrasi.

2. Membina dan mengembangkan kerja sama dengan instansi lain.
3. Memberikan laporan pertanggungjawaban penyelenggaraan Fakultas kepada rektor.
———————————————————————————————–

Wakil Dekan II

Nama Unit

Wakil Dekan II FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
1. Memimpin, menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan eva­luasi Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, me­laksanakan pengembangan fakultas, memimpin penye­leng­garaan administrasi.

2. Membina dan mengembangkan kerja sama dengan instansi lain.
3. Memberikan laporan pertanggungjawaban penyelenggaraan Fakultas kepada rektor.
———————————————————————————————–

Kaprodi

Nama Unit

Ketua program studi FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
1. Menyusun rencana dan program kerja program studi sebagai acuan kerja;
2. Membuat konsep rencana pengembangan program studi (studi lanjut, pelatihan dosen dan pelatihan soft skill mahasiswa);
3. Membimbing dan menilai kegiatan kemahasiswaan di lingkungan program studi;
4. Menyusun rencana biaya operasional program studi per tahun berdasarkan program kerja prodi sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
5. Mengoordinasi dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan beban tugas dan keahliannya;
6. Menyusun tim kelompok peneliti dan payung riset untuk dosen yang melibatkan mahasiswa
———————————————————————————————–

Sekprodi

Nama Unit

Sekretaris program studi FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Membantu ketua program studi dalam penyelenggaraan admi¬nis¬trasi program studi yang berkaitan dengan dosen, mahasiswa, dan administrasi.
1. Membantu menyusun rencana dan program kerja tahunan program studi sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
2. Membantu menyusun rencana pengembangan program studi (studi lanjut, pelatihan dosen, dan pelatihan soft skill ma¬ha¬siswa);
3. Mengoordinasikan penyusunan konsep RPP/RPS berdasarkan ketentuan yang berlaku;
4. Memantau kemajuan studi mahasiswa;
5. Mengoordinasikan mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir dengan dosen pembimbing untuk kelancaran tugas akademik;
6. Menghimpun dokumen yang berkaitan dengan program studi;
7. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan program studi berdasarkan data dan informasi;
———————————————————————————————–

Ketua Gugus Penjamin Mutu (GPM)

Nama Unit

Ketua GPM FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Membantu ketua prodi dalam peningkatan mutu melalui;
1. Penyusunan dokumen (spesifikasi program studi (SP), manual prosedur (MP), instruksi kerja (IK), sesuai standar akademik, manual mutu akademik dan manual prosedur di tingkat fakultas);
2. Penyiapan audit internal mutu akademik (AIMA);
3. Peningkatan mutu prodi berkelanjutan;
———————————————————————————————–

Sekretaris Gugus Penjamin Mutu (GPM)

Nama Unit

Sekretaris GPM FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Membantu ketua GPM menyusun dokumen dalam peningkatan mutu akademik di fakultas
1. Membantu ketua GPM menyusun dokumen spesifikasi prodi/program studi, manual prosedur akademik dan instruksi kerja akademik;
2. Membantu ketua GPM dalam perencanaan, koordinasi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan;
3. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan dan pengarsipan surat-menyurat yang berkaitan dengan GPM;
4. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil agenda rapat rutin, rapat koordinasi, dan rapat evaluasi kegiatan;
5. Melakukan koordinasi dengan GPM di universitas;
———————————————————————————————–

Anggota Gugus Penjamin Mutu (GPM)

Nama Unit

Anggota GPM FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Bertanggung jawab atas dokumen-dokumen pendukung dalam GPM
1. Bertanggung jawab mengumpulkan dokumen-dokumen pen¬du¬kung yang diperlukan dalam sistem penjaminan mutu Fa¬kultas;
2. Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi kegiatan harian dan notulensi rapat GPM;
3. Membantu pengelolaan database GPM;
———————————————————————————————–

Ketua Unit Magang dan MT

Nama Unit

Ketua Unit Magang dan MT FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Unit magang dan MT FKIP melalui koordinator Bidang Micro¬teaching bertugas mengelola, memfasilitasi, dan mengoordinasi mahasiswa dalam pelaksanaan simulasi dan magang di fakultas
1. Memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang arti, peranan, tujuan dari magang;
2. Menyediakan fasilitas simulasi dan magang sesuai dengan pedoman magang;
3. Mengatur penggunaan laboratorium microteaching untuk kelancaran pembelajaran;
4. Memantau pelaksanaan pengajaran mikro;
———————————————————————————————–

Sekretaris Unit Magang dan MT

Nama Unit

Sekretaris Unit Magang dan MT FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Unit Magang dan MT FKIP bertugas mengelola, memfasilitasi, dan mengoordinir mahasiswa pada pelaksanaan simulasi dan magang di fakultas
1. Memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang arti, peranan, tujuan dari magang;
2. Menyediakan fasilitas simulasi dan magang sesuai dengan pedoman magang;
3. Mengatur penggunaan laboratorium microteaching untuk kelancaran pembelajaran;
4. Memantau pelaksanaan pengajaran mikro;
———————————————————————————————–

Ketua Laboratorium

Nama Unit

Ketua Laboratorium FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Mengatur dan mengelola laboratorium
1. Bertanggung jawab terhadap inventaris alat dan bahan prak¬tikum;
2. Menyusun rencana dan program kerja atau kegiatan labo¬ra-torium/studio;
3. Mengoordinasi, mengatur dan mempersiapkan penggunaan laboratorium untuk praktikum dan penelitian;
4. Menyusun petunjuk teknis (SOP) penggunaan laboratorium;
5. Menyusun rencana pengadaan, perawatan peralatan labora¬torium;
6. Mengajukan usulan bahan dan alat yang dibutuhkan tiap semester kepada dekan melalui ketua program studi;
7. Melaporkan kerusakan, kehilangan dan kekurangan-keku¬rangan fasilitas yang berada di bawah tanggung jawab ketua laboratorium kepada ketua program studi;
8. Melakukan koordinasi pengembangan ilmu pada bidang ka¬jian tertentu melalui kajian penelitian;
9. Menyusun laporan pengelolaan laboratorium secara periodik;
———————————————————————————————–

Laboran

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Membantu mengatur dan mengelola laboratorium
1. Membantu pelaksanaan persiapan laboratorium tiap semester sesuai petunjuk dan pengarahan ketua laboratorium;
2. Mempersiapkan alat praktikum di laboratorium masing-ma¬sing sesuai kebutuhan praktikum yang dikoordinasikan de¬ngan ketua laboratorium;
3. Membuat berita acara untuk setiap kerusakan/ke¬ku¬rang¬an/kehilangan alat-alat praktikum dan melaporkan ke ketua laboratorium;
4. Menjaga kebersihan laboratorium;
5. Mendampingi dosen dan asisten praktikum dalam membantu pelaksanaan praktikum;
6. Merawat, menjaga, dan menginventarisasi peralatan labo¬ra¬torium;
7. Menyiapkan bahan dan peralatan yang dipakai praktikum;
8. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh ketua lab;
9. Bertanggung jawab kepada ketua lab;
———————————————————————————————–

LEMBAGA PUSAT, PENELITIAN, PENGABDIAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

Nama Unit

Ketua Unit Pusat penelitian, pengabdian dan pengembangan Pem­be­lajaran FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Mengkaji, mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran di fakultas
1. Mengkaji dan mengembangkan kurikulum yang sesuai de¬ngan pembangunan nasional, ilmu dan teknologi;
2. Mengkaji dan mengembangkan cara-cara pelaksanaan pen¬didikan akademik dan profesional yang efisien;
4. Melakukan pembinaan dalam meningkatkan dan mengem¬bang¬kan kualitas dosen selama proses pembelajaran;
5. Melaksanakan benchmarking berdasarkan scientific vision dan market signal terkini untuk pengembangan krurikulum.
———————————————————————————————–

Ketua Unit Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas

Nama Unit

Ketua PMB FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
1. Merancang kegiatan yang akan dilakukan di dalam PMB fakultas untuk menjaring mahasiswa baru;
2. Mengontrol dan mengawasi pelaksanaan PMB fakultas.
3. Membuat rencana anggaran PMB fakultas.
4. Melaporkan kegiatan yang dilaksanakan beserta laporan keu¬angannya kepada dekan.
———————————————————————————————–

Sekretaris Unit Penerimaan Mahasiswa Baru(PMB) Fakultas

Nama Unit
Tugas Pokok

———————————————————————————————–
1. Membantu merancang kegiatan yang akan dilakukan di dalam PMB fakultas untuk menjaring mahasiswa baru;
2. Membantu mengontrol dan mengawasi pelaksanaan PMB fakultas.
3. Membantu melaporkan kegiatan yang dilaksanakan beserta laporan keuangannya kepada dekan.
———————————————————————————————–

Bagian Tata Usaha

Nama Unit

Kepala bagian tata usaha FKIP UMSurabaya

Tugas Pokok

———————————————————————————————–
Bertugas memimpin tugas-tugas administrasi antara lain:
1. Menyusun rencana kerja dan anggaran fakultas bersama dekan dan wakil dekan;
2. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang ketatausahaan, akademik, kemahasiswaan, keuangan, kepegawaian, umum dan perlengkapan;
3. Memberi arahan, mengoordinasikan dan membagi tugas kepada para kepala subbagian;
4. Mengendalikan semua kegiatan administrasi fakultas;
5. Berkoordinasi dalam melaksanakan hubungan masyarakat dan keprotokolan;
6. Melakukan evaluasi kinerja para kepala subbagian;
7. Melaksanakan urusan persuratan (segala jenis surat) dan kearsipan fakultas;
8. Memantau atau mengarahkan pengalokasian surat-surat dinas sesuai alamat tujuan;
9. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan di lingkungan fakultas (sistem informasi, manajemen, database, dan tata kearsipan);
10. Mendelegasikan wewenang apabila berhalangan;
11. Menyimpan dokumen dan surat yang berhubungan dengan kegiatan fakultas;
12. Menyusun laporan bagian dan mempersiapkan penyusunan laporan fakultas;
13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan;
14. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai per¬tang-gungjawaban;
15. Melayani legalisasi dokumen (ijazah dll);
———————————————————————————————–