Artikel

Jejak Prestasi Mahasiswa Pendidikan Matematika UMSurabaya

  • Di Publikasikan Pada: 18 Jun 2022
  • Oleh: Admin

Kompetisi LKTI tingkat nasional juara III berhasil diraih oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Desi Patmawati dan Anggita Damarani.

Kompetisi dilakukan di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember pada kegiatan TIUPPS (Temu Ilmiah UKM Penalaran dan Penelitian Se-Jawa Timur) tanggal 28-30 Mei 2022. Desi dan tim menggagas sebuah media pembelajaran untuk mengurangi keterlambatan pembelajaran matematika siswa tunagrahita.

“Berawal dari kurang minatnya siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam pembelajaran matematika dan guru masih menggunakan buku sebagai bahan ajarnya dalam pembelajaran, membuat siswa mudah bosan dan sulit memahami,” papar Desy dalam keterangan tertulis.

Desi menjelaskan keunggulan dari media pembelajaran ini  menggunakan media air dan sistem tertanam berbasis ESP32 sebagai pemproses l/O yang terintegrasi dengan smartphone sebagai media pembelajaran aplikasi smartphone.

“Aplikasi ini terdiri dari berbagai macam pilihan bilangan pecahan yang kemudian saat ditekan akan mengirimkan perintah ke alat untuk mengeluarkan sejumlah air sesuai dengan bilangan pecahan yang dipilih oleh siswa” katanya lagi.

Ia berharap media pembelajaran yang digagas oleh timnya dapat membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran matematika dan dapat dikembangkan mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu prestasi juga di raih oleh Aji Notonegoro, Wisam Wahyu Khan dan Alpina Damayanti pada Lomba Design Poster Digital MCMC (Maharasaraswati Capital Market Competition) yang diselenggarakan oleh Universitas Maharasaraswati Denpasar Bali secara online, mereka meraih juara II dalam perlombaan ini.

Sementara itu Shoffan Shoffa Kaprodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengapresiasi capaian yang telah diraih oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika tersebut.

“Alhamdulillah, sejauh ini perkembangan mahasiswa pendidikan matematika sudah semakin baik. Dapat dilihat dari bibit-bibit potensi yang semakin hari semakin terlihat. Harapannya untuk mahasiswa ini, semoga semangatnya tidak pudar dan semakin menular kepada satu sama lain sehingga dapat menambah prestasi-prestasi lainnya” pungkasnya.