Berita dan Pengumuman
Pelatihan Penggunaan Moodle Terintegrasi Model GI-TTW Dalam Hybrid Learning
- Di Publikasikan Pada: 14 Feb 2025
- Oleh: Admin | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- 28
Surabaya, 04 Januari 2023, — SMA Muhammadiyah se-Surabaya mengadakan pelatihan bertajuk "Penggunaan Moodle Terintegrasi Model GI-TTW Dalam Hybrid Learning". Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 40 guru dan tenaga pengajar dari berbagai mata pelajaran, dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mempraktikkan penggunaan platform pembelajaran Moodle yang terintegrasi dengan model pembelajaran GI-TTW (Group Investigation - Think-Talk-Write) dalam sistem pembelajaran hybrid.
Pelatihan ini membahas bagaimana mengoptimalkan penggunaan Moodle, platform pembelajaran berbasis daring, untuk mendukung pembelajaran hybrid yang menggabungkan pertemuan tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh. Para peserta diajarkan untuk mengintegrasikan model GI-TTW dalam Moodle untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif. Model GI-TTW bertujuan untuk mendorong siswa bekerja dalam kelompok, berpikir kritis, berdiskusi, dan menulis hasil pemikiran mereka, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman materi dan keterampilan sosial siswa.
Pelatihan ini dipandu oleh Dr. Lina Listiana, M.Kes., seorang ahli teknologi pendidikan yang berpengalaman dalam pengembangan sistem pembelajaran digital dan metodologi pengajaran berbasis kolaborasi. Dr. Lina memberikan penjelasan mengenai cara-cara praktis mengintegrasikan Moodle dengan model pembelajaran GI-TTW, serta bagaimana cara memaksimalkan penggunaan alat-alat pembelajaran daring untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.
Kegiatan ini diadakan dengan perangkat dan akses internet untuk mendukung pembelajaran digital. Ruang ini dirancang untuk mendukung kegiatan pelatihan interaktif dan memungkinkan para peserta untuk mengakses dan mempraktikkan platform Moodle secara langsung.
Pelatihan ini sangat penting mengingat perkembangan tren pembelajaran hybrid yang semakin populer, terutama setelah pandemi. Dengan mengintegrasikan Moodle dengan model GI-TTW, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi siswa. Dr. Lina Listiana menyatakan bahwa pelatihan ini memberi kesempatan kepada para guru untuk memperkaya metode pengajaran mereka, meningkatkan interaksi antara siswa, dan memastikan bahwa proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik baik secara daring maupun luring.
Pelatihan dimulai dengan pemaparan teori mengenai manfaat penggunaan Moodle dalam pembelajaran hybrid dan bagaimana model GI-TTW dapat diterapkan secara efektif dalam lingkungan ini. Setelah itu, peserta diajak untuk langsung mempraktikkan cara membuat kelas dan materi pembelajaran di Moodle, serta mendesain aktivitas yang mendukung model GI-TTW. Dalam sesi praktik, peserta belajar bagaimana menyusun tugas kelompok, diskusi daring, dan penulisan refleksi yang dapat membantu siswa berpikir kritis dan berkolaborasi secara efektif. Para peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya dan berbagi pengalaman mengenai penggunaan platform pembelajaran dalam pengajaran mereka.
Dengan pelatihan ini, diharapkan para guru dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dengan lebih maksimal, memperkuat metode pengajaran mereka, dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas yang dapat mengakomodasi beragam kebutuhan siswa, baik yang belajar secara langsung maupun daring.